Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Makanan Korea Kimbab yang Populer

    Netyous.com - Kimbab adalah salah satu kuliner khas negara Korea Selatan atau Korsel yang keberadaannya begitu terkenal di Indonesia. Bahkan Anda bisa menjumpai makanan Korea kimbab ini di hampir setiap gerai ataupun restoran yang menyajikan kuliner khas Korsel. Di negara asalnya, kimbab menjadi kuliner serba bisa atau cocok untuk disantap di semua situasi, misalnya saja menjadi bekal sekolah, sarapan, piknik sampai makanan yang kerap disantap ketika tengah sibuk.

Bentuk kimbab yang praktis tersebut membuatnya dapat disantap pada segala macam keadaan. Kimbab sendiri berasal dari bahan dasar nasi yang kemudian dibungkis menggunakan rumput laut atau nori. Setelah itu di dalamnya diberikan isian berupa sayur-sayuran sampai daging ataupun ikan yang telah matang. Bukan hanya praktis, kimbab juga memiliki banyak varian maupun jenis yang dapat Anda pilih. Dari sekian banyaknya jenis kimbab, ada beberapa varian yang populer.

Inilah Jenis-Jenis Makanan Korea Kimbab yang Terkenal

Sementara itu makanan Korea kimbab berasal dari akar kata berupa gim dan bap. Kata gim berarti rumput laut sedangkan bap mengartikan nasi atau beras. Sehingga kimbab itu sendiri merupakan makanan khas Korea Selatan dari nasi yang digulung menggunakan rumput laut. Agar lebih mudah disantap, umumnya dalam penyajiannya kimbab utuh akan dipotong terlebih dahulu sesuai selera.

Sekilas memang tampak semua kimbab sama saja, tetapi sebenarnya makanan satu ini memiliki banyak varian yang namanya pun berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa jenis kimbab khas negara Korea Selatan yang mungkin saja bisa Anda coba di rumah sendiri.

1. Classic Kimbab

Jenis makanan Korea kimbab yang populer pertama adalah Classic Kimbab atau Kimbab Klasik. Sesuai dengan namanya, kimbab satu ini merupakan jenis kimbab yang sangat banyak Anda temukan apabila berkesempatan liburan ke negara Korea. Terdapat banyak penjual lokal di sana yang menjajakan kimbab jenis ini di mana pun. Biasanya isian kimbab klasik yaitu kue ikan, daging sapi, wortel, bayan, acar lobak kuning, akar burdock dan telur.

2. Chungmu Kimbab

Variasi dari kimbab kedua ada makanan yang bernama Chungmu Kimbab. Nama Chungmu sendiri diambil dari sebuah kota pelabuhan yang ada di Korea Selatan dengan nama Chungmu pula. Dahulu, penduduk di kota Chungmu membuat makanan kimbab versi mereka sendiri dengan begitu sederhana yaitu hanya nasi dengan rumput laut panggang saja.

Tetapi seiring berjalannya waktu, cara untuk membuat makanan Korea kimbab bagi orang-orang yang ada di Chungmu pun mulai berbeda, Sebab mereka menambahkan isian lain yaitu cumi dan lobak pedas guna menambah cita rasa makanan kimbab. Agar lebih menggugah selera ketika disantap. umumnya mereka menyantapnya bersamaan dengan makanan bernama tteokbokki sebagai menu pendamping.

3. Mayak Kimbab

Jenis selanjutnya ada Mayak Kimbab yang merupakan versi mini dari menu populer sebelumnya yakni kimbab klasik. Karena itulah isian di dalam kimbab satu ini tak sebanyak seperti kimbab klasik ataupun jenis kimbab lainnya. Biasanya isian di dalam Mayak Kimbab hanya berupa acar lobak, bayam rebus dan wortel. 

Dalam penyajian makanan Korea kimbab jenis Mayak Kimbab ini, biasanya orang Korea menaburkan biji wijen di bagian atasnya. Lantaran ukurannya yang tergolong mungil, umumnya Mayak Kimbab disantap dalam kondisi utuh tanpa harus dipotong terlebih dahulu.

4. Yachae Kimbab

Variasi berikutnya dari makanan Korea kimbab populer satu ini ada Yachae Kimbab. Jenis Yachae Kimbab sendiri merupakan makanan yang bisa disantap orang-orang jika dalam keadaan diet. Sementara itu untuk cara membuat kimbab jenis satu ini sangatlah mudah. Yaitu Anda hanya perlu mengisikan sayuran-sayuran yang terasa lezat dan sudah diolah sebelumnya. Yachae Kimbab cocok untuk Anda yang tengah mengurangi konsumsi telur, ikan maupun sejenisnya.

5. Kimchi Kimbab

Seperti yang kita tahu, kimchi merupakan salah satu makanan paling terkenal di negara Korea Selatan. Karena kepopulerannya inilah maka tidak mengherankan jika kimchi telah menjadi menu wajib utama dan harus ada di setiap meja makan para masyarakat Korea Selatan. Saking menyukai makanan kimchi, bahkan mereka memadukan menu tersebut dengan makanan Korea kimbab.

Dari perpaduan inilah kemudian jadilah makanan yang bernama Kimchi Kimbab. Sebagi hasil perpaduannya tersebut, rasa jenis kimbab satu ini begitu beragam antara lain perpaduan antara rasa segar, lezat serta pedas.

6. Chamchi Kimbab

Untuk para penggemar ikan tuna, maka varian makanan Chamchi Kimbab menjadi salah satu kuliner asal Korea Selatan yang wajib untuk dicoba. Makanan ini hadir isian utama berupa ikan tuna yang telah dihaluskan serta dicampur dengan saus mustard sebelumnya. Bukan hanya itu, biasanya makanan Korea kimbab jenis ini juga ditambahkan isian lain seperti acar lobak, sayur-sayuran, telur dan kue ikan.

7. Nude Kimbab

Variasi makanan Korea kimbab berikutnya ada Nude Kimbab dengan cara pembuatan yang begitu unik serta berbeda daripada jenis kimbab lainnya. Sebab bukan memakai nori untuk menggulung isi, variasi kimbab satu ini justru memakai nasi di lapisan terluar sebagai penggulungnya. Sedangkan rumput laut dipakai guna membungkus isian yang ingin ditambahkan misalnya wortel, acar lobak, daun perilla dan kepiting.

Oleh karena itulah warna dari kimbab tersebut malah putih seperti nasi bukannya berwarna hijau tua khas warna rumput laut. Bahkan ada pula referensi lain yang menyebut ada masyarakat Korea tidak memakai rumput laut sama sekali dalam olahan Nude Kimbab.

Itulah jenis makanan Korea kimbab yang populer dan wajib Anda coba saat berkunjung ke negara Korea Selatan. Selain itu Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mencari resep mudahnya di internet.