Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Makanan Khas Korea yang Pedas dan Bisa Buat Ketagihan


Netyous.com - Saat ini budaya Korea tepatnya Korea Selatan kian banyak orang minati. Bahkan ramai orang mencari tahu tentang bagaimana masyarakat di Korea melakukan rutinitas di setiap hari serta lain-lain. Adapun salah satu produk dalam budaya Korea Selatan dan mulai banyak orang gemari yaitu makanan khasnya. Sejumlah makanan khas pun diperkenalkan secara tak langsung, salah satunya lewat beberapa drama yang sudah tayang.

Jika melihat karakter di dalam drama tengah menyantap sebuah makanan tampak menggiurkan. Terlebih jika warnanya tampak merah menyala. Pada budaya Korea, rasa pedas yang ada di masakan bisa mereka dapatkan dengan cara mencampurkan gochujang atau pasta cabai serta kochukaru yakni bubuk cabai ke dalam resep. Tak mengherankan kalau warna makanan khas korea yang pedas begitu menarik mata karena saking merahnya.

Menu Makanan Khas Korea yang Pedas Menguggah Rasa Lapar

Kini banyak orang menyukai menu makanan yang terasa pedas. Meskipun menghadirkan sensasi rasa terbakar di bagian lidah tetap saja rasa pedas selalu mudah menggugah selera seseorang. Tak terkecuali dengan makanan yang bercita rasa pedas asal Korea Selatan. Lantas apa saja yang menjadi menu makanan pedas asal Korea Selatan dan sudah mendunia berkat industri hiburannya tersebut? Berikut ada ulasannya.

1. Spicy Rice Cakes atau Tteokbokki

Tteokbokki termasuk dalam salah satu makanan khas korea yang pedas dan sudah mendunia. Sebagai salah satu street food, tteokbokki banyak digemari serta menjadi incaran para wisatawan yang datang. Adapun tteokbokki sendiri berasal dari tteok yaitu tepung beras atauun tepung terigu. Kemudian bahan tersebut dibumbui oleh sejumlah rempah, misalnya saja kochujang atau pasta cabai. Tekstur dari makanan ini kenyal, dan untuk bumbunya dominan terasa pedas serta manis.

Biasanya makanan khas korea yang pedas ini disajikan dengan eomuk ataupun fish cake serta telur rebus. Pada bagian atasnya ditaburi dengan irisan daun bawang serta biji wijen. Tidak sulit agar bisa menemukan tteokbokki di negara asalnya yaitu Korea lantaran menu ini mudah didapatkan ketika Anda di mana pun milai dari kawasan kios pinggir jalan, kendaraan truk makanan sampai restoran.

2. Fire Chicken atau Buldak

Pilihan makanan khas korea yang pedas dan wajib Anda coba adalah Buldak. Menu satu ini berasal dari daging ayam yang kemudian diolah memakai gochugaru atau gochujang. Adapun dua bumbu itu yang menyebabkan makanan satu ini dapat membakar lidah penikmatnya. Bukan hanya pedas, cita rasa dari Buldak juga terbilang cukup kaya lantaran dibumbui oleh beberapa bahan di antaranya jahe, bawang putih, madu, kecap ikan serta sejumlah minyak yang dapat menambah aromanya.

Makanan Bulda kerap disajikan tepat di atas tteokbokki dengan adanya tambahan berupa keju mozzarella tepat di atasnya yang menjadi peredam rasa pedas. Ketika mengkonsumsi Buldak, para masyarakat di Korea sering mendampinginya dengan meminum bir dingin. Biasanya mereka menyebut dengan chimaek. Apabika Anda adalah orang yang termasuk kuat dengan rasa pedas, maka makanan ini akan terasa begitu cocok.

3. Iga Rebus Pedas atau Maeundae Galbi Jjim

Makanan khas korea yang pedas dan tak kalah populer di dunia adalah iga rebus pedas atau bernama lain maeundae galbi jjim. Iga di sini disajikan dengan keadaan sudah begitu empuk sehingga menjadi lumer di dalam mulut. Adapun cita rasanya perpaduan antara pedas, manis serta gurih. Cukup dengan beberapa gigitan saja maka makanan satu ini sudah dapat membuat lidah para penikmatnya terasa terbakar.

Menu maeundae galbi jjim tak sulit Anda temukan di tempat makan atau restoran. Adapun biasanya mereka turut menyajikan berupa telur rebus guna sedikut mengurangi rasa sensasi pedas di bagian lidah. Tak hanya banyak dijual di restoran-restoran, umumnya makanan khas korea yang pedas tersebut disajikan dalam rumah saat berlangsung acara khusus.

4. Nakji Bokkeum yaitu Gurita Pedas

Sensasi kenyal di lidah yang berasal dari bagian tentakel gurita dengan potongan kecil lalu dimasak memakai gochujang nantinya menjadi suguhan tidak terlupakan dalam makanan khas korea yang pedas ini saat pertama kali Anda mencobanya. Rasa pedas yang membakar lidah akan kian menyiksa lantaran tekstur pada bagian gurita yang begitu kenyal. Kendati demikian menu yang bernama Nakji Bokkeum tersebut menjadi salah satu kegemaran kalangan masyarakat Korea terlebih penggemar seafood.

Sebagai informasi, nakji bokkeum tak hanya disajikan begitu saja namun bersama nasi, minyak wijen serta tauge. Supaya rasa pedas tak terlalu menyengat, para penikmatnya harus memakan secara bersamaan. Apabila ingin mengurangi sensasi rasa pedas maka tambahkan minyak wijen lebih banyak. Ketika ada kesempatan jangan lupa untuk mencoba makanan khas korea yang pedas ini.

5. Ceker pedas atau dakbal

Makanan khas korea yang pedas bernama Dakbal terbilang menu sangat familiar dengan masyarakat di Indonesia. Sebab kita juga kerap mengolah bagian ceker ayam dengan cita rasa pedas sekaligus berempah. Bagian ceker yang diolah menjadi menu dakbal begitu lembut lantaran sudah diolah menggunakan cara direbus terlebih dahulu hingga empuk baru setelahnya digoreng.

Sensasi pedas yang ada di Dakbal berasal dari campuran bumbu bernama gochujang. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai lauk utama ataupun cemilan sekalipun. Ketika disajikan bisanya ada taburan berupa wijen serta irisan daun bawang tepat di bagian atas Dakbal. Untuk orang-orang yang ada di luar daerah Asia maka makanan tersebut tergolong ekstrim.

Itulah beberapa pilihan makanan khas korea yang pedas dan wajib dikonsumsi para penggemar pedas.