Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu-Menu Makanan Khas Korea yang Halal dan Menggugah Selera


Netyous.com - Saat ini makanan khas Korea yang halal masih saja menjadi buruan kalangan para penggemar K-pop serta drakor dari Indonesia. Sejumlah kedai serta restoran yang di dalamnya terdapat pilihan menu makanan Korea halal pun sudah berjamur di banyak daerah. Sementara itu untuk harga serta rasa yang mereka tawarkan pun bervariasi. Dengan demikian Anda dapat menentukan pilihan sendiri berdasarkan budget di kantong.

Akan tetapi karena menjadi negara yang di dalamnya minoritas agama Islam membuat para muslim kesulitan memilih makanan yang halal. Bukan tanpa sebab, menu khas Korea Selatan umumnya menggunakan bahan non halal misalnya saja babi. Namun kini Anda tidak perlu khawatir. Bukan tanpa sebab di negara Korea Selatan terdapat pilihan menu halal dan aman dikonsumsi para pemeluk agama islam di dunia.

Pilihan Makanan Khas Korea yang Halal dan Nikmat

Memang makanan asal Korea mulai terkenal di tanah air sesudah gelombang industri K-pop banyak dinikmati di negara Indonesia. Menghadapi kenyataan jika mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama islam kemudian mereka pun mulai memodifikasi beberapa bahan masakan guna mencapai standar halal. Adapun berikut adalah sejumlah makanan khas Korea yang halal dan dapat Anda nikmati dengan bebas.

1. Menu Pajeon

Hampir sama dengan panekuk, Pajeon merupakan makanan khas Korea yang halal dan mampu memikat bagian lidah. Adapun makanan satu ini berasal dari adonan telur, batang daun bawang, dan tepung terigu. Bukan hanya itu, menu makanan tersebut kerap ditaburi menggunakan seafood antara lain cumi-cumi atau terkenal dengan nama haemul pajeon. Taburan lainnya adalah udang, saus sambal dan kecap.

Kalau Anda tak menyukai menu makanan laut, bisa meminta pilihan vegetarian pula. Kemudian pasangkan hidangan satu ini dengan minuman kopi Korea instan.

2. Kue Ikan atau Eomuk

Tak seperti makanan khas Korea yang halal lain di mana biasanya digoreng ataupun dilumuri dengan mentega, menu eomuk merupakan alternative lebih sehat. Pasalnya menu satu ini adalah varian lokal dari makanan ikan. Adapun kue ikan yang terasa lezat ini ditusuk menggunakan stik, dikukus lalu dicelupkan dalam kaldu yang panas. Kaldu tersebut disiapkan bersama makanan laut misalnya kepiting dan sayuran.

Di kalangan penjual lokal, Anda bisa menentukan pilihan stik ikan sebanyak yang diinginkan serta menikmatinya dengan cara mencelupkannya dalam kaldu yang terasa lezat. Selain Anda dapat menyendoknya dalam cangkir agar bisa menikmati di sebelahnya. Kaldu yang tersedia benar-benar gratis serta pembeli bisa saja meminum sesuai keinginan meskipun banyak sekalipun.

3. Hotteok

Kalau Anda sudah makan lalu mencari sejumlah makanan penutup lokal agar bisa bereksperimen, maka rekomendasi makanan khas Korea yang halal teratas adalah panekuk Korea atau hotteok. Adapun hotteok merupakan makanan khas Korea halal serta sebagai hidangan penutup yang berasal dari adonan tepung lalu diisi menggunakan gula merah, kayu manis, kacang-kacangan dan madu. Menu pancake kerap disajikan dengan panas serta renyah.

Atau dalam sejumlah kasus ada makanan khas Korea yang halal hotteok dengan tekstur kenyal dengan tiap suapan yang terasa mengalir. Setiap pembuat mempunyai gaya serta resep untuk membuat hotteok tersendiri, sehingga Anda dapat mencoba menunya langsung di sejumlah tempat sampai pengkonsumsinya menemukan hotteok yang terasa sangat enak.

4. Tuna Kimbap atau Chamchi

Tak ada perjalanan ke Kore Selatan yang menjadi lengkap tanpa mencicipi kimbap versi sushi asal Jepang dan lebih bergaya ini. Di mana makanan khas Korea yang halal satu ini dibungkus menggunakan selembar rumput laut dengan lumuran biji wijen serta minyak. Isi berlimbat dari beberapa bahan antara lain makanan laut, acar sayuran, daging, kimchi ataupun tahu menjadi pelengkap dari kimbap dengan isian sehat tersebut.

Walaupun banyak varian menu kimbap yang ada, Anda bisa menentukan pilihan terhadap Chamchi Kimbab yaitu isian tuna untuk pilihan halal. Sebagai alternative lain, Anda bisa juga memilih acar sayuran atau veggie roll rasa pedas sehingga dapat menciptakan ledakan rasa pada tiap gigitan. Adapun tips ketika tengah dalam perjalanan hemat maka bisa dengan pilihan sejumlah kimbap ukuran mungkil yang menjadi opsi makan siang lezat sekaligus ehat.

5. Sate Cumi Panggang yaitu Ojingeo Gui

Jenis makanan khas Korea yang halal berbentuk stik paling populer di negeri ginseng dan mudah tersedia di seluruh pasar utama serta jalan-jalan para pecinta kuliner yaitu cumi-cumi. Dengan persiapan yang begitu sederhana dimulai dari cumi-cumi yang kemudian dipotong kecil-kecil lalu dipanggan panas tepat di atas material panggangan arang. 

Kalau Anda merupakan seorang pcinta barbekyu Korea maka pastinya langsung ketagihan dengan cita rasa berasap yang berasal dari potongan cumi-cumi berukuran kecil satu ini tepat di atas stik. Tips untuk Anda saat memakan menu tersebut untuk camilan cumi berminyak serta ekstrak memuaskan adalah mengambil satu bungkus cumi dan panggang menggunakan mentega.

6. Makanan Twigim

Mungkin saja cara terbaik agar bisa memuaskan hasrat ingin mengemil ketika berada di Korea yaitu menyantap salah satu di antara banyaknya makanan khas Korea yang halal dan digoreng tersebut. Menu twigim seperti penyebutan oleh warga setempat di dalamnya melibatkan bahan dengan lapisan donan tempura. Kemudian bahan tersebut digoreng sampai renyah.

Pilihannya sendiri berkisar dari cumi-cumi yang sudah dipotong, udang serta sayuran termasuk daun bayam, paprika, telur rebus dan ubi jalar.

Itulah beberapa pilihan makanan khas Korea yang halal dan wajib Anda coba ketika melancong di negara tersebut.