Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Pola Makan Sehat Ala Orang Korea yang Bisa Dicontoh

Netyous.com - Ada banyak hal menarik saat membahas tentang gaya hidup orang Korea, misalnya terkait pola makan. Dari warisan nenek moyang pun, orang Korea sangat memperhatikan manfaat kesehatan dari apa-apa yang dikonsumsi. Bukan hanya demi kesehatan saja, kualitas asupan makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu untuk menjaga penampilan fisik agar tetap langsing. Pola makan sehat ala orang Korea bisa menjadi inspirasi untuk menjaga kesehatan fisik. Apa saja yang bisa dilakukan

Pola Makan Sehat Ala Orang Korea 

1. Suka Makan Sayur

Memang orang Korea cenderung makan sayur lebih banyak dibanding masyarakat negara lain. Makan sayuran memang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari, khususnya bagi orang yang sedang diet. Sayuran berserat akan melancarkan metabolisme dan pencernaan. Meskipun untuk jenis makanan dengan bahan utama daging, tapi tetap ada tambahan sayurannya. Sayur yang paling sering digunakan dalam masakan Korea adalah sawi putih, wortel, dan selada.

2. Mengonsumsi Sayuran Fermentasi

Kimchi sudah menjadi makanan yang jadi semacam identitas bagi bangsa Korea. Cara membuatnya pun diwariskan dari generasi ke generasi. Bahanya adalah beraneka sayuran sekaligus, misalnya sawi putih, lobak, dan mentimun, yang dicampurkan dengan saus gochujang, cabai, dan bawang putih.

Sayuran fermentasi yang satu ini bisa ditambahkan saat memasak sup dan nasi goreng. Fermentasi yang dilakukan menghasilkan Lactobacillus kimchii. Vitamin C yang ada di dalam kandungannya bisa membantu pembentukan kolagen 

3. Bahan Makanan Dikukus atau Direbus

Memang makanan yang dibuat dengan cara digoreng sering kali lebih menggoda untuk dicicipi karena rasanya yang gurih dan lezat. Tapi untuk menjaga kesehatan, akan lebih baik jika makanannya diolah dengan dikukus dan direbus. Bahan-bahan yang digunakan juga masih segar, seperti yang ada pada sayuran untuk membuat bibimbap.  

4. Makan Menggunakan Sumpit

Sumpit memang hanyalah sebuah alat yang biasa digunakan saat makan mie. Tapi siapa sangka jika alat ini juga termasuk pola makan sehat ala orang Korea. Kenyataannya, makan sumpit tidak selalu mudah jika untuk makan dengan porsi cukup besar. Dengan makan menggunakan sumpit dan bukan sendok, orang yang makan lebih terkendali dan tidak mengambil terlalu banyak 

5. Diet Kalori menjadi Tren Gaya Hidup

Pola makan sehat ala orang Korea juga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor selain kesehatan itu sendiri. Pola makan yang diatur juga menjadi poin penting saat menjalani diet kalori. Public figure seperti misalnya para idol KPop turut mempopulerkan diet kalori. Memang makannya tetap tiga kali sehari, tapi jumlah kalorinya benar-benar diperhatikan dan dikontrol.

6. Mengonsumsi Sup Rumput Laut 

Rumput laut sudah menjadi salah satu bahan yang tidak bisa dilewatkan saat membahas makan sehat ala orang Korea. Ibu yang baru melahirkan pada umumnya akan banyak diberi sup rumput laut. Kandungan yodium dan kalsiumnya memang bagus untuk kesehatan ibu dan bayinya. Meskipun tidak sepopuler kimchi, resepnya sudah menjadi sesuatu yang legendaris dan turun temurun. 

Pola makan sehat yang dilakukan oleh orang Korea juga tidak lepas dari sikap dan kedisiplinan yang diterapkan. Selain bahan makanannya sendiri memang sehat, attitude saat makan juga diperhatikan. Saat makan bersama, mereka memulai dan menutup makan dengan kompak. Waktu untuk makan juga sesuai dengan kebutuhan fisik, sehingga asupan makanan sehat yang dikonsumsi bisa memberi energi untuk beraktivitas. Bagaimana menurutmu tentang pola makan sehat ala orang Korea seperti di atas?