Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beginilah Sensasi Makanan Korea Gurita Hidup, Berani Coba?


Netyous.com - Ada bermacam-macam makanan Korea yang populer dan disukai orang-orang dari negara lain. Makanan Korea memang menarik untuk dilihat dan dicicipi. Apalagi jika makanan tertentu merupakan warisan dari nenek moyang, pastinya itu sangat bagus untuk melestarikan budaya. Pernahkah Anda bayangkan makan gurita yang masih hidup? Beberapa content creator melalui akun YouTube mereka, pernah membuat sensasi seperti makan makanan yang ekstrem. Makanan Korea gurita hidup adalah salah satu menu ekstrem yang sempat menghebohkan.

Seperti Apa Makanan Korea Gurita Hidup

Agar lebih mengenal makanan unik ini, coba lihat ulasan berikut ini. Makanan Korea gurita hidup ternyata cukup populer sebagai jajanan yang banyak peminat. Orang Korea menyebutnya dengan Sannakji. Di kedai seafood atau di pasar, sannakji banyak dijual bebas. Ukuran guritanya bermacam-macam, dari yang kecil sampai yang besar. Meski ukurannya kecil, saat memakannya perlu berhati-hati

Bagaimana Cara Makannya?

Proses menyajikan sannakji tidak perlu waktu yang terlalu lama. Gurita disajikan secara utuh, dituang minyak wijen dan berikan taburan wijen. Agar lebih mudah saat makan, sannakji dipotong dulu berukuran kecil. Tekstur gurita terasa kenyal dan ada rasa yang manis sedikit. Selain dengan wijen, ada juga bumbu seperti saus dan garam. 

Beberapa rumah makan menyajikan gurita hidup dengan sup sayur panas. Sannakji tidak sulit untuk ditemukan, bahkan di rumah makan bintang lima. Umumnya sannakji dikonsumsi begitu saja untuk menjadi teman ngobrol bersama teman atau bahkan minum soju. Hal ini sangat lumrah sekali dilakukan oleh orang korea.

Tidak Dianggap Ekstrem di Korea Sendiri

Sannakji memang dinilai cukup ekstrem di mata turis internasional, tapi ternyata tidak demikian dengan masyarakat Korea sendiri. Hal itu membuat para turis semakin penasaran dan merasa tertantang. Mencoba makanan Korea gurita hidup menjadi agenda penting saat mengunjungi Korea Selatan.

Ada Alasan Mengapa Gurita Dimakan Hidup-hidup

Sebagian masyarakat Korea punya kepercayaan bahwa mengkonsumsi gurita yang masih hidup bisa memberi kekuatan ekstra dan juga menjaga tubuh tetap bugar. Itulah mengapa atlet kendo tradisional sering menjadikan sannakji sebagai nutrisi yang istimewa. Olahraga kendo sendiri cukup banyak menuntut konsentrasi yang tinggi. Untuk orang yang sudah berpengalaman, mereka bisa makan gurita yang masih hidup dan utuh. Tapi saat ini di rumah makan Korea, penyajiannya dalam bentuk dipotong-potong sebagaimana sashimi di Jepang. 

Sebaiknya Tetap Hati-hati untuk Memakannya

Bagi yang belum terbiasa, mengonsumsi makanan Korea gurita hidup sebaiknya tidak asal-asalan. Ada bahaya yang mengancam, misalnya tentakel yang menyangkut atau bahkan masih bisa menghisap bagian mulut. Masyarakat setempat, seperti penjual di rumah makan sebaiknya peduli dengan konsumennya yang masih baru pertama kali. Bayangkan saja jika gurita hidup masih bergerak saat masuk ke mulut. Jika tidak tahan, sebagian orang akan memilih memuntahkan lagi.

Gurita Hidup Sering Dijadikan Konten Mukbang

Sannakji yang berbahaya ternyata sering dipilih sebagai bahan makanan di saat mukbang. Mukbang dikenal sebagai aktivitas makan dalam jumlah besar yang disiarkan melalui kanal YouTube. Semakin sensasional kontennya, maka semakin besar pula penontonnya.

Bagaimana menurut Anda tentang makanan Korea gurita hidup? Tradisi yang tidak biasa dari bangsa lain memang sering bikin penasaran. Tapi, akan lebih baik jika kenali dulu kemungkinan yang akan terjadi. Jangan sampai hanya karena ingin coba-coba karena sebuah tren justru membahayakan diri sendiri.