Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Gaya Hidup Orang Korea yang Wajib Ditiru

Netyous.com - Apakah kamu sering nonton acara hiburan Korea, seperti drama atau acara ragam? Bukan sekadar tayangan, tapi konten hiburan Korea juga memiliki keunikan tersendiri. Selain konsep acaranya kreatif, kontennya juga menjelaskan banyak hal tentang gaya hidup orang Korea yang wajib ditiru. Memang tidak semua hal perlu ditiru, karena setiap bangsa memiliki jati diri masing-masing. Tapi, jika ada hal baik yang mungkin menginspirasi, maka boleh saja kita jadikan contoh. 

Gaya Hidup Orang Korea yang Wajib Ditiru 

1. Sopan kepada Orang yang Lebih Tua

Sudah menjadi ciri khas orang Korea bahwa usia setiap orang sangat diperhitungkan. Meskipun bukan keluarga atau saudara, dalam pertemanan pun demikian. Yang lebih mudah harus menghormati yang lebih tua, contohnya tidak boleh memanggil nama saja. Harus ada panggilan khusus, misalnya kalau dari laki-laki ke sesama laki-laki yang lebih tua harus memanggil 'Hyung' atau kakak.  

2. Etika Saat Makan

Momen makan bersama juga bisa mencerminkan budaya sebuah bangsa. Gaya hidup orang Korea yang wajib ditiru bisa dilihat ketika makan. Mirip seperti di Indonesia, orang Korea juga mendahulukan yang tua saat makan. Saat makan bersama keluarga, anak-anak tidak boleh mendahului orang tua. 

3. Bangga dengan Produk Dalam Negeri

Gaya hidup orang Korea yang wajib ditiru meliputi beragam aspek kehidupan. Dalam hal menghargai karya bangsa sendiri, sikap orang Korea sangat bisa dicontoh. Produk dalam negeri seperti teknologi memang sudah terbukti kualitasnya. Di dunia internasional pun, produk Korea sudah banyak dihargai. Hal itu tidak lepas dari kebanggaan yang ditanamkan di seluruh lapisan masyarakatnya.     

4. Bekerja dengan Cepat

Sejak usia belia, orang Korea sudah terlatih untuk melakukan banyak hal dengan cepat. Target pekerjaan banyak dan waktu untuk menyelesaikannya tergolong singkat. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa di universitas, sampai pegawai perusahaan, semuanya berusaha untuk bekerja dengan cepat dan hasilnya maksimal. Hal seperti ini sudah terbentuk sejak awal negara ini merdeka tahun 1945. Dari pemerintah negaranya pun mendukung semua rakyat agar cepat maju dan bangkit bersama-sama.

5. Taat Aturan di Tempat Umum

Selain masalah sikap saling menghormati, gaya hidup orang Korea yang wajib ditiru juga terkait dengan sikap di tempat umum. Ada beberapa aturan tidak tertulis tentang beberapa hal yang semestinya dipahami. Tidak diizinkan jika seseorang memotret orang lain secara sembarangan, misalnya memotret orang di kereta. Ada juga gaya hidup menjaga kebersihan yang layak ditiru, yaitu disiplin untuk tidak merokok sembarangan. 

6. Gencar Mempromosikan Wisata dan Budaya

Upaya orang-orang Korea dalam mempromosikan kekayaan budaya negeri sendiri sudah tidak diragukan lagi. Dalam drama dan film, sering sekali ditampilkan tempat-tempat wisata yang eksotis dan menarik dikunjungi. Bukan hanya menawarkan hiburan, tapi orang-orang di dunia jadi lebih kenal tentang tempat wisata yang indah.  

Bicara tentang budaya, tentu juga tidak lepas dari gaya hidup orang Korea. Melalui K-Pop dan K-drama, masyarakat dunia pun lebih mengenal hasil kreativitas mereka. Bahkan budaya kehidupan mereka terlihat dari produk kecantikan dan juga produk kosmetik dan fashion.

 Itulah beberapa contoh gaya hidup orang Korea yang wajib ditiru dari beberapa aspek. Memang tidak semua selalu bisa diikuti, tapi tidak apa-apa jika kita melihat ada hal baik di dalamnya. Kalau kamu lebih suka gaya hidup orang Korea seperti apa?