Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Korea yang Bisa Dibuat di Rumah

Netyous.com - Kalau kamu termasuk penggemar drama Korea atau acara variety show dari Korea, pasti sudah tidak asing dengan makanan-makanannya. Tampilan warnanya menggoda selera, begitu juga rasanya. Tapi tentu saja tidak perlu jauh-jauh ke Korea, untuk bisa menikmati cita rasa kuliner khas negeri ginseng itu. 

Di Indonesia sudah banyak rumah makan khas Korea yang dibuka di beberapa kota. Resep makanan Korea yang bisa dibuat di rumah pun bertebaran. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan di sekitar. 

Inilah Beberapa Makanan Korea yang Bisa Dibuat di Rumah

Nama-nama makanan di bawah ini mungkin sudah tidak asing lagi jika kamu sering nonton tayangan hiburan Korea.

1. Kimbap

Kimbap adalah makanan khas Korea Selatan yang cara makannya sangat praktis, sehingga cocok dibawa saat bepergian. Bentuknya ada kemiripan seperti sushi Jepang. Tapi, kimbap bisa dibilang lebih berwarna daripada sushi. Bahan utamanya adalah nasi, lembaran nori, daging, beberapa sayuran, dan beberapa bahan pilihan lain.

Cara membuatnya;

  • Buat gulungan kimbab dengan anyaman bambu yang juga digunakan untuk sushi
  • Letakkan nori dan kemudian nasi di atasnya untuk diratakan.
  • Masukkan sayur dan daging di bagian tengah dan digulung dengan nasi, hingga tertutup
  • Potong-potong sebelum disajikan

2. Bibimbap

Bibimbap adalah semacam nasi campur dengan isian beberapa sayur, jamur, daging, dan juga telur ayam. Bumbu-bumbu dan saus gochujang menambah sensasinya menjadi lebih nikmat. Karena bahan-bahannya kebanyakan direbus, tumis sebentar, dan bukan digoreng, sehingga bibimbap relatif lebih sehat.

3. Sup Rumput Laut

Sup rumput laut memang punya arti tersendiri bagi masyarakat Korea, yaitu dihidangkan ketika ibu melahirkan atau sedang mengadakan pesta ulang tahun. Bahan-bahannya adalah; rumput laut kering, daging sapi, bawang putih, minyak wijen, dan kecap asin sebagai pengganti gukganjang yang belum tentu mudah ditemukan di luar Korea. Untuk membuatnya, daging sapi dimasak dulu di awal dengan cara digoreng dengan minyak wijen.  

3. Tteokbokki

Makanan Korea yang bisa dibuat di rumah yang satu ini bernama Tteokbokki. Tteokbokki memang termasuk yang sering muncul di drama. Tteokbokki dibuat dari bahan utama tepung beras dan bumbu-bumbu yang menjadikan rasanya pedas manis. Bahan-bahannya antara lain; korean rice cake, bawang bombay, sawi putih, daun bawang, kaldu jamur dan kaldu rumput laut. Untuk korean rice cake bisa membeli sendiri secara terpisah, dan kemudian tinggal siapkan bumbunya.

4. Japchae

Menurut asal katanya, japchae artinya adalah sayuran campur. Menu ini mirip sekali dengan soun tumis di Indonesia. Makanan yang sudah ada sejak zaman kerajaan Joseon pada abad 17 ini dulunya hanya sayuran, timun, jamur, dan lobak. Di zaman modern ditambahkan dengan dangmyeon atau soun versi Korea. Bisa juga ditambah daging sebagai sumber protein hewani.

5. Yangnyeom tongdak

Yangnyeom tongdak adalah ayam pedas dengan saus gochujang dan beberapa bumbu lain. Bahannya adalah tepung tapioka, tepung beras, terigu, telu, dan garam. Cara membuatnya sama seperti ayam goreng tepung. Pada saat penyajian disiram dengan saus gochujang, saus tomat, kecap asin, bawang putih, dan madu. Saat perjanjian bisa dilengkapi dengan wijen dan daun bawang.

Demikianlah rekomendasi makanan Korea yang bisa dibuat di rumah. Banyak resep pilihan yang bervariasi dan bisa coba Anda lakukan eksperimen sendiri.