Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tempat yang Menjual Makanan Korea Shabu Shabu di Indonesia

    Netyous.com - Kepopuleran makanan asal Korea pada saat ini tak perlu diragukan lagi. Banyak makanan khas negara Korea seperti bulgogi, kimchi dan bimbimbap yang mungkin saja sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi ada makanan Korea lain yang juga patut untuk Anda coba. Nama kuliner tersebut yaitu Jeongol yang merupakan makanan Korea shabu shabu. Terdapat banyak restoran yang menyajikan menu tersebut sebagai pilihan makanan mereka.

Shabu shabu Korea ini terdiri dari bermacam sayuran yang direbus dengan daging, seafood juga bahan-bahan ambahan lain. Namun yang membuat Jeongol berbeda yaitu terdapat penambahan tteok di dalam makanannya. Adapun tteok sendiri adalah makanan tradisional asal Korea yang berbahan dasar dari tepung beras. Seperti makanan shabu shabu pada umumnya, menu satu ini hadir dengan porsi besar dan dapat dinikmati untuk 4 sampai 6 orang.

Tempat Menyantap Makanan Korea Shabu Shabu Saat di Indonesia

Bagi Anda yang tertarik untuk merasakan bagaimana kelezatan makanan Korea shabu shabu, maka tak perlu pergi jauh-jauh ke Korea Selatan hanya demi bisa mencicipinya. Sebab di Indonesia sendiri sudah tersedia beberapa restoran terkenal yang menyajikan menu tersebut. Untuk soal kehalalannya, sudah terjamin lantaran tempat-tempat tersebut berada di Indonesia sehingga mementingkan bahan yang mereka gunakan.

1. SamWon House

Tempat pertama yang menjual makanan Korea shabu shabu yaitu SamWon House. Seperti yang kita tahu, penyajian makanan shabu shabu ala Korea sama seperti menu umumnya dan hanya ditambahkan tteok. Di SamWon House, Anda juga dapat mencicipi makanan Korea ini dengan porsi cukup besar dan dinikmati mulai dari 4 sampai 6 orang sekalipun. Ketika menyantap shabu shabu ala Korea, Anda akan mendapati jeongoiteul atau panci khusus untuk memasak jeongol.

Sementar itu, di dalam jeongoiteul yang tersaji di meja, akan terdapat bermacam sayuran seperti zucchini, sawi, daging, sawi putih, potongan tteok, jamur, lobak dan tahu. Para pengunjung akan langsung merasakan rasa gurih segar ketika mencicipi kuah dari makanan Korea shabu shabu ini. Bukan hanya itu, di dalamnya terdapat aneka sayuran serta isian lainnya yang akan terasa lezat ketika berpadu dengan bumbu-bumbu maupun kaldu Jeongol.

Salah satu hal yang menarik dari makanan shabu shabu ala Korea ini yaitu dangmyeon. Adapun dangmyeon sendiri merupakan mie khas Korea yang memiliki tekstur kenyal serta berwarna bening. Karena bentuknya itulah banyak orang menyebut dangmyeon sebagai glass noodle. Walaupun hanya sebatas mie, keberadaan dangmyeon tak bisa luput dari satu porsi shabu shabu ala Korea yang disajikan SamWon House tersebut. 

Keberadaan dangmyeon dalam makanan Korea shabu shabu, rupanya tak dapat diganti atau disubstitusikan dengan mie lokal di Indonesia. Pasalnya jika mengganti dengan mie tersebut maka hasilnya pun tidak akan bagus. Tak hanya menyediakan shabu shabu ala Korea, SamWon Hose juga menyediakan bulgogi dan aneka menu asal Korea lainnya seperti bibimbap, Gogi Gui, serta bermacam menu pendamping lain seperti aneka gorengan dan sup.

2. Sogogi Shabu

Pilihan tempat dengan menu Korea shabu shabu berikutnya yang bisa Anda cicipi yaitu Sogogi Shabu. Restoran yang berada di kawasan Tebet Timur tersebut menyediakan shabu shabu yang dapat dimakan sepuasnya oleh pengunjung sampai perut terasa begah sekalipun. Tempat makan bernuansa tosca ini terbilang baru sebab mereka buka pada tahun 2019 lalu. Untuk tempatnya sendiri tak terlalu besar dan hanya bisa menampung sebanyak 45 orang.

Anda bisa menikmati makanan Korea shabu shabu dengan nuansa yang cerah dan lebih meriah berkat lantunan musik aliran K-Pop. Memang tempat makan satu ini mengusung konsep berbeda yakni shabu shabu ala Korea. Walaupun mengusung konsep khas luar negeri, pemilik Sogogoi Shabu mengaku jika bisnis kulinernya tersebut halal. Namun sayangnya tempat tersebut belum bersertifikat halal resmi lantaran biaya serta prosesnya terbilang panjang.

Kendati demikian pemilik resotran makanan Korea shabu shabu ini menjamin jika tempat makannya tergolong ramah untuk para muslim yang ingin makan enak dengan harga cukup murah. Selain shabu shabu ada pula menu halal lainnya yang dapat Anda cicipi di sini. Tak perlu khawatir sebab daging merah yang mereka sajikan hanyalah daging sapi, sedangkan untuk pilihan lainnya yaitu ikan dori. 

Bukan hanya makanan Korea shabu shabu dan kuliner halal lainnya, Sogogi Shabu juga menyediakan banyak varian bakso maupun sayuran segar. Ada pula mie kuning, jamur enoki serta udon. Sementara di stall lainnya terdapat menu nasi goreng tom yam, kangkung fried dan Japanese breef. Anda bisa langsung berkunjung ke sini untuk coba menyantap makanan shabu shabu ala Korea dengan harga relatif murah.

3. Korean Chaesundang

Tempat makan yang menyajikan shabu shabu ala Korea selanjutnya yaitu restaurant Korean Chaesundang. Seperti kedua restoran sebelumnya, tempat makan ini juga menyediakan shabu shabu khas Korea yang sudah terjamin tingkat kehalalannya. Di dalam buku menu yang tersedia, tercantum beraneka shabu shabu seperti combination, seafood, Wagyu beef, beef, spicy mushroom dan beef.

Hidangan makanan Korea shabu shabu di sini terdiri dari satu piring daging sapi yang diiris cukup tipis, mi, aneka jenis jamur, satu piring sayuran, dua pangsit, adonan daging cincang, semangkuk nasi dengan taburan berupa wijen putih di atasnya, telur mentah, daung bawang juga nori serta dua jenis saus pelengkap.

Itulah tempat-tempat di Indonesia yang menjual makanan Korea shabu shabu dan bisa Anda kunjungi secara langsung. Tak perlu khawatir soal makanannya sebab restoran-restoran tersebut sudah terbukti kehalalannya dan aman disantap kaum muslim.